Cara Merawat Kulit Wajah yang Berminyak

Kulit berminyak seringkali menjadi masalah bagi kebanyakan orang. Kulit berminyak terutama di bagian wajah akan membuat penampilan wajah menjadi mengkilat dan kusam. Berbagai perawatan ditawarkan untuk mengatasi masalah tersebut, namun seringkali hasil yang didapat tidak sesuai yang diharapkan.

Beberapa tindakan yang tidak tepat untuk mengatasi kulit berminyak :

Mencuci wajah secara berlebihan
Minyak yang dihasilkan oleh kelenjar sebaceous bermanfaat untuk melicinkan dan memelihara kelembaban kulit. Jika kita mencuci wajah secara berlebihan kulit akan berubah menjadi kering, bersisik dan gatal.

Menggunakan sabun dengan kandungan alkali tinggi
Akibat ketidaksabaran dalam mengatasi kulit berminya, seringkali orang berupaya untuk menghilangkan minyak sama sekali dengan menggunakan sabun keras yang mengandung alkali tinggi. Cara ini justru menyebabkan kulit lebih berminyak.

Berikut beberapa tips untuk mengatasi kulit berminyak :

Gunakan sabun berbahan dasar alami
Pilihlah sabun yang berbahan dasar alami seperti minyak zaitun, almond dan alpukat, karena memiliki fungsi resapan yang akan membantu pergantian kulit dan menjaga kelembaban. Hindari sabun yang mengandung alcohol.

Jangan mencuci wajah terlalu sering
Mencuci wajah mungkin cara yang paling mudah untuk menghilangkan minyak, namun hal itu juga dapat menyebabkan terjadinya reactive seborrhoea, yaitu kondisi dimana kelenjar sebaceous memproduksi minyak secara berlebihan. Sekali sehari mencuci wajah dengan menggunakan sabun berbusa lembut sudah cukup untuk menghilangkan minyak berlebihan dan kelembaban kulit tetap terjaga.

Selamat mencoba !

Ingin Mendapatkan Informasi Update Tentang Kecantikan Kulit dan Wajah. Silahkan Masukan Email Anda:

Delivered by FeedBurner

No comments:

Post a Comment